Header Ads

Materi dan Cara Pengoprasian ADOBE FLASH CS3

MATERI DAN CARA PENGOPRASIAN ADOBE FLASH CS3

Adobe Flash Cs3 merupakan salah satu software bagian dari keluarga Adobe, yang sekarang menjadi salah satu standar untuk industri animasi dan web yang banyak digunakan.
Perangkat lunak “Adobe Flash” yang selanjutnya disebut Flash dulunya bernama “Macromedia Flash” adalah software multimedia unggulan yang dulunya dikembangkan oleh Macromedia, tetapi sekarang dikembangkan dan didistribusikan oleh “Adobe System”. Sejak tahun 1996, Flash menjadi metode populer untuk menambahkan animasi dan interaktif web site.
Flash biasanya digunakan untuk membuat animasi, hiburan dan berbagai komponen web, diintegrasikan dengan video dalam halaman web sehingga dapat menjadi aplikasi multimedia yang kaya (Rich Internet Application). Flash tidak hanya digunakan untuk aplikasi Web, tetapi dapat juga dikembangkan untuk membangun aplikasi desktop karena aplikasi Flash selain dapat menjadi format .swf, Flash juga dapat dapat menjadi format .exe.
Flash dapat digunakan untuk memanipulasi vektor dan citra raster, dan mendukung bidirectional streaming audio dan video. Flash juga berisi bahasa “script” yang diberinama ActionScript. Beberapa produk software, system dan device dapat membuat dan menampilkan isi Flash. Flash dijalankan dengan Adobe Flash Player yang dapat ditanam pada browser, telephone celuler, atau software lain.
Format file Flash adalah SWF, biasanya disebut “ShockWave Flash” movie. “Flash movie” atau “Flash game”, biasanya file berektensi .swf dapat dijalankan melalui web, secara stand alone pada “Flash Player” atau dijalankan di windows secara langsung dengan membuatnya dalam format ekstensi .exe.

Keunikan dan kelebihan adobe flash ini adalah :
§  Mampu membuat animasi vector dan interaktivitas yang menarik.
§  Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone.
§  Adanya Actionscript. Dengan actionscript anda dapat membuat animasi dengan menggunakan kode sehingga memperkecil ukuran file. Karena adanya actionscript ini juga Flash dapat untuk membuat game karena script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dsb. yang berguna dalam game.
§  Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.


  
Cara membuka dan mengenal jendela Adobe Flash CS3 Professional
Untuk kali ini kita akan mempelajari cara membuka dan mengenal jendela Adobe Flash CS3 Professional setelah kita mempelajari pada postingan sebelumnya yaitu mengenal Adobe Flash CS3 Professional, untuk membuka program Adobe Flash SC3 Professional, kita dapat melakukan salah satu cara atau langkah-langkahnya :

1. Cara membuka atau memulai Adobe Flash CS3 Professional :
·                     Klik Icon adobe flash CS3 professional pada desktop monitor atau
·                     Klik Start Menu ->All Program ->Adobe Master Collection CS3 -> Adobe Flash CS3       Professional, tunggu beberapa saat maka akan muncul jendela dialog adobe flash sperti dibawah ini:
·                     Pilih Create New ->Flash File (ActionScript 2.0) untuk memulai membua file baru
·                     Pilih Open a Recent New ->Open untuk membuka file flash


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYGv_QXGSTw9M_fJcKwuUNa207nKvx268AiXTY9VpAj6j6lASAkoBrv0GMIwCHJrSyWYf_ahl_19bvh4WeO0LjBM4nif6hJqUWZ_z_UNP5hEbnijHjvpeBqMdC_i_dnW8_1aSIlBQoIZs/s1600/dialog+awal+script.jpeg

2. Mengenal Jendela Kerja
Pada Jendela Kerja adobe Flash CS3 Professional sebenarnya ada dua yaitu :

A. Mengenal Pada Menu Dasarnya
Berikut merupakan tampilan standar jendela kerja Adobe Flash CS3 Prefessional, saat kita memulai membuat filr baru. berikut dibawah ini gambar jendela kerja aplikasi adobe flash cs3 :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_5TA1AO0trFFAlhd7ER55yyUzTeh8Z3kdt2bCDMq6rVWLAplHDe28VP0xmYxcYU83fwwOppwRx82QMp5gLLovRCJwS9q3PD5AhCR0zjGZtpixw84XfW5bMHtrY4G54MdQzfrT4bHtq08/s1600/jendela+adobe+flash+cs3.jpeg
jendela kerja aplikasi adobe flash cs3
 Jendela kerja adobe flash CS3 terdiri dari atas beberapa panel diantaranya yaitu :
1. Menubar
Berisi kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam Adobe flash CS3 diantaranya yaitu:
File, Edit, View, Insert, Modify, Text, Commands, Control, Debug, Window, Help

2.Toolbar
Toolbar merupakan panel berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu:

·                     Tools ; Berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar
·                     View ; Untuk mengatur tampilan lembar kerja
·                     Colors; menentukan warna yang dipakai saat mengedit
·                     Option ; alat bantu lain untuk mengedit gambar
Dibawah ini gambar dari toolbar :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5CS4Q_-XOiA2SRnZxQqL0zFURwZ9V1LSNXyBDMLL3J9VYjKWcKYa9TtWWmXLVqSX7iBsgVAwmNa1W5wFOcsKfn0Muy9JSlP-gtVYCYbx0dsxSf6V7aw8a1vvcZ0vf0NaX2Qu6T1sR50w/s1600/toolbar.jpg
toolbar
Keterangan :
·                     Selection tool (V) ; Memilih dan memindahkan objek
·                     Subselection tool (A); Mengubah bentuk objek dengan edit points
·                     Free Transform tool (Q) ; Mengubah ukuran atau memutar bentuk objek sesuai keinginan
·                     Gradient Transform Tool (F) ; Mengubah warna gradasi
·                     Lasso Tool (L) ; Menyeleksi bagian objek yang akan diedit
·                     Pen tool (P) ; membuat bentuk objek secara bebas berupa dengan titik-titik sebagai penghubung
·                     Text Tool (T) ; Membuat teks (kata atau kalimat)
·                     Line Tool (N) : Membuat garis
·                     Rectangle Tool (R) ; Membuat objek berbentuk segi empat aau segi banyak
·                     Oval Tool (O) ; Membuat objek elips atau lingkaran
·                     Pencil Tool (Y) ; Menggambar objek secara bebas
·                     Brush tool (B) ; Menggambar objek secara bebas dengan ukuran ketebalan dan bentuk yang sudah disediakan
·                     Ink Bottle Tool (S) ; memberi warna rais tepi (outline)
·                     Paint Bucket tool (K); Memberi warna pada objek secara bebas
·                     Eyedropper tool (I):Mengambil contoh warna
·                     Eraser tool (E) ; Menghapus objek
·                     Hand tool (H) ; Menggeser stage
·                     Zoom tool (M atau Z) ; Memperbesar atau memperkecil tampilan objek atau stage
·                     Stroke COlor ; Memberi atau memilih warna untuk gaaaaris tepi
·                     Fill color : Memberi warna pada objek
·                     Option Tool : Mengatur fungsi tambahan pada tool yang sedang aktif
3. Timeline
Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. TImeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari  frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi, semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama atau lambat jalannya animasi tersebut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLAr9EW9yvrCpi7X2HvE6h_XOsTtUJknguMKfFaQ1ZVe9SM6sAFRyIcdx1bIZycylQuR6RXIl0ktX7EmCEu9o9q99wCJeKsj8EBpB00V03CQTUtJqmWXHHi_sd0_ZNqz_rozqRcUeasRA/s1600/Layer.jpeg
Layer

4. Stage.
Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dab lainnya.
5. Panel
Beberapa panel penting dalam Adobe Flash CS3 Profesional, diantaranya panel: Properties, Filter dan Parameters, Actions, Library, Color dan align dan Info serta Transform.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgff4GDIfnH5LIBsOUmNUicI-2DGjJDbpVPvWsJnEly8qJLYE5ihoB-xikTlLlAdmR93RgaK5Xe1R1itG0t6ZRTueDgTI21aejPfKfZIDPJJsNp4HTJ9Rj59ppfLmT_QkUYdTeMNRmpFeU/s1600/panel.jpg
Panel


6. Properties
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_b7KrYaWL-jGd4vMdnoBcLa7YS8pc6av19_eZDp_bdi1Eh3WcB4AqjHFlxqMhIDiji02HXBLKcYH-BSSnSr_fLgb2bNSbTZsRTOt-lOGRQ33fkHnaTiSGclKu1WSs_mKvsY2cRYUtr5c/s1600/properties.jpg
properties
Panel Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.
7. Library
                                   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivCNAqRqmMaEBz1WuwyG6dBCvjO7RC7aGQohUP_tiYWv8PzCMWn9vFsCplbSEvJty-F-uqE80UD0cle_AySy_BeKH1YkeOrimE4fsmuiS9mEyrsmkIVCmQwi6LCoCOFjLJsSLQJrhxp5U/s1600/library.jpg
library
Panel Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).


B. Document Properties
Fungsi Document Properties adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat. Untuk memanggil kotak dialog Document Properties, pilih jendela Properties di bawah layar, kemudian pilih tombol Size.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijG203qFwb0ltp-QoCdB15Ywo-e7TOEc9VSlEJfu6G93y4eoed9-myqo6XrPXbw2L8qyo3v96CZWJ2cHrzj9ZYp1smRI1pdQDaMKhJSd9YTeOQWdu6NU72EGzzCatgP3tYkCFh_B2VjzY/s1600/document+properties.jpg
document properties
                    
Sumber:

Tidak ada komentar

EIFFELJATISRONO. Gambar tema oleh Naseko. Diberdayakan oleh Blogger.