Materi dan Cara Pengoprasian ADOBE FLASH CS3
MATERI DAN CARA PENGOPRASIAN ADOBE FLASH CS3
Adobe Flash Cs3 merupakan salah satu software bagian dari keluarga Adobe, yang
sekarang menjadi salah satu standar untuk industri animasi dan web yang banyak
digunakan.
Perangkat lunak “Adobe Flash” yang selanjutnya disebut Flash
dulunya bernama “Macromedia Flash” adalah software multimedia unggulan yang
dulunya dikembangkan oleh Macromedia, tetapi sekarang dikembangkan dan
didistribusikan oleh “Adobe System”. Sejak tahun 1996, Flash menjadi metode
populer untuk menambahkan animasi dan interaktif web site.
Flash biasanya digunakan untuk membuat animasi, hiburan dan
berbagai komponen web, diintegrasikan dengan video dalam halaman web sehingga
dapat menjadi aplikasi multimedia yang kaya (Rich Internet Application). Flash
tidak hanya digunakan untuk aplikasi Web, tetapi dapat juga dikembangkan untuk
membangun aplikasi desktop karena aplikasi Flash selain dapat menjadi format
.swf, Flash juga dapat dapat menjadi format .exe.
Flash dapat digunakan untuk memanipulasi vektor dan citra
raster, dan mendukung bidirectional streaming audio dan video. Flash juga
berisi bahasa “script” yang diberinama ActionScript. Beberapa produk software,
system dan device dapat membuat dan menampilkan isi Flash. Flash dijalankan
dengan Adobe Flash Player yang dapat ditanam pada browser, telephone celuler,
atau software lain.
Format file Flash adalah SWF, biasanya disebut “ShockWave Flash”
movie. “Flash movie” atau “Flash game”, biasanya file berektensi .swf dapat
dijalankan melalui web, secara stand alone pada “Flash Player” atau dijalankan
di windows secara langsung dengan membuatnya dalam format ekstensi .exe.
Keunikan dan kelebihan adobe flash ini adalah
:
§ Mampu membuat animasi vector dan interaktivitas
yang menarik.
§ Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi
web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi
interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone.
§ Adanya Actionscript. Dengan actionscript anda
dapat membuat animasi dengan menggunakan kode sehingga memperkecil ukuran file.
Karena adanya actionscript ini juga Flash dapat untuk membuat game karena
script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dsb. yang
berguna dalam game.
§ Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang
baik.
Cara membuka dan mengenal jendela Adobe Flash CS3 Professional
Untuk kali ini kita akan mempelajari cara membuka dan mengenal
jendela Adobe Flash CS3 Professional setelah kita mempelajari pada postingan
sebelumnya yaitu mengenal Adobe Flash CS3
Professional, untuk membuka program Adobe Flash SC3
Professional, kita dapat melakukan salah satu cara atau langkah-langkahnya :
1. Cara membuka atau memulai
Adobe Flash CS3 Professional :
·
Klik Icon adobe
flash CS3 professional pada desktop monitor atau
·
Klik Start Menu ->All Program ->Adobe Master Collection CS3 -> Adobe Flash CS3 Professional,
tunggu beberapa saat maka akan muncul jendela dialog adobe flash sperti dibawah
ini:
·
Pilih Create New ->Flash File (ActionScript 2.0) untuk
memulai membua file baru
·
Pilih Open a Recent New ->Open untuk
membuka file flash
2. Mengenal Jendela Kerja
Pada Jendela Kerja adobe Flash CS3 Professional sebenarnya ada dua yaitu :
A. Mengenal Pada Menu Dasarnya
Berikut merupakan tampilan standar jendela kerja Adobe Flash CS3
Prefessional, saat kita memulai membuat filr baru. berikut dibawah ini gambar
jendela kerja aplikasi adobe flash cs3 :
Jendela kerja
adobe flash CS3 terdiri dari atas beberapa panel diantaranya yaitu :
1. Menubar
1. Menubar
Berisi kumpulan
menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam Adobe flash CS3 diantaranya
yaitu:
File, Edit, View, Insert, Modify, Text, Commands,
Control, Debug, Window, Help
2.Toolbar
Toolbar merupakan panel berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu:
·
Tools ; Berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit
gambar
·
View ; Untuk mengatur tampilan lembar kerja
·
Colors; menentukan warna yang dipakai saat mengedit
·
Option ; alat bantu lain untuk mengedit gambar
Dibawah ini gambar
dari toolbar :
Keterangan :
·
Selection tool (V) ; Memilih dan
memindahkan objek
·
Subselection tool (A); Mengubah bentuk objek dengan edit points
·
Free Transform tool (Q) ; Mengubah ukuran atau memutar bentuk objek sesuai
keinginan
·
Gradient Transform Tool (F) ; Mengubah warna gradasi
·
Lasso Tool (L) ; Menyeleksi bagian objek yang akan diedit
·
Pen tool (P) ; membuat bentuk objek secara bebas berupa dengan
titik-titik sebagai penghubung
·
Text Tool (T) ; Membuat teks (kata atau kalimat)
·
Line Tool (N) : Membuat garis
·
Rectangle Tool (R) ; Membuat objek berbentuk segi empat aau segi banyak
·
Oval Tool (O) ; Membuat objek elips atau lingkaran
·
Pencil Tool (Y) ; Menggambar objek secara bebas
·
Brush tool (B) ; Menggambar objek secara bebas dengan ukuran ketebalan
dan bentuk yang sudah disediakan
·
Ink Bottle Tool (S) ; memberi warna rais tepi (outline)
·
Paint Bucket tool (K); Memberi warna pada objek secara bebas
·
Eyedropper tool (I):Mengambil contoh warna
·
Eraser tool (E) ; Menghapus objek
·
Hand tool (H) ; Menggeser stage
·
Zoom tool (M atau Z) ; Memperbesar atau memperkecil tampilan objek atau
stage
·
Stroke COlor ; Memberi atau memilih warna untuk gaaaaris tepi
·
Fill color : Memberi warna pada objek
·
Option Tool : Mengatur fungsi tambahan pada tool yang sedang aktif
3. Timeline
Timeline atau garis
waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya
animasi. TImeline terdiri dari beberapa layer. Layer
digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat
diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang
digunakan untuk mengatur kecepatan animasi, semakin panjang frame dalam layer,
maka semakin lama atau lambat jalannya animasi tersebut.
4. Stage.
Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dab lainnya.
5. Panel
Beberapa panel penting dalam Adobe Flash CS3 Profesional, diantaranya panel: Properties, Filter dan Parameters, Actions, Library, Color dan align dan Info serta Transform.
6. Properties
Panel Properties
akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang
diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang
muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi
untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna
garis.
7. Library
library
|
Panel Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media
yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan
gambar baik movie, tombol (button), sound, dan
gambar statis (graphic).
B. Document Properties
Fungsi Document Properties adalah untuk melakukan
pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi
yang akan dibuat. Untuk memanggil kotak dialog Document
Properties, pilih jendela Properties di bawah layar, kemudian pilih tombol Size.
Sumber:
Tidak ada komentar