Header Ads

TUGAS JARINGAN DASAR

1.  bagaimana langkah langkah memeriksa ip addres pada sebuah komputer dalam jaringan?
 

jawab :
 Untuk melihat IP Address sebuah PC dalam jaringan (khususnya pada sistem operasi sebelum sistem operasi generasi baru seperti Windows 7), dapat dilakukan dengan cara berikut : 
  • Klik Start > Run  

    Ketik cmd untuk Windows XP atau command untuk Windows 98
  • Klik OK atau tekan Enter
  • Ketik pada C prompt pada Ms.Dos command, ipconfig lalu tekan enter

    maka akan tampil seperti di bawah ini

    dan dari situ jelas terlihat IP Address dari PC yang terkoneksi pada jaringan.
2.  bagaimana langkah langkah mengecek ketersambungan pc dalam sebuah jaringan?
   
 jawab :
 Untuk mengecek ketersambungan PC dalam jaringan
                       1.       Klik start>run
                       2.       Ketik cmd (untuk Win XP )/ command (untuk Win 98)
                       3.       Klik ok/enter
                       4.       Ketik pada C prompt:png 192.168.20.29 (contoh)
                       5.       Tekan enter
    3.   protokol TCP/IP memiliki sifat routable, jelaskan yang dimaksud routable tersebut!
         
       jawab:  
       Routable Protocol adalah komunikasi protocol yang mempunyai network address dan juga device address.
    4.    sebutkan keunggulan prtokol TCP/IP?
         
      jawab: 
      Keunggulan TCP / IP
      • Open Protokol Standar
              Independen terhadap perangkat keras komputer, sistemoperasi dan lain-lain. Ideal  untuk menyatukan mesin-mesindengan perangkat keras dan lunak yang berbeda  walaupun tidak terhubung internet.
             • Tidak tergantung pada perangkat keras jaringan tertentu. Sehingga cocok untuk berbagai macam jaringan.
             • Protokol level tinggi yang di standarkan untuk konsistensi, sehingga menyediakan  servis user yang luas.

5. sebutkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan komputer?
   
 jawab : 

NIC (Network Interface Card)/ LAN Card

NIC/LAN Card digunakan sebagai antarmuka/penghubung suatu komputer ke sebuah jaringan komputer.

Kabel UTP

Kabel UTP merupakan transmisi yang paling sering digunakan. bentuknya seperti kabel telepon, biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hub atau komputer dengan komputer.

Hub/Switch

Alat ini berfungsi untuk menjembatani beberapa komputer yang terhubung dalam satu jaringan.

Modem

Modem berfungsi untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Digunakan untuk mengakses jaringan internet

Router

Router berfungsi untuk mengirimkan data dari suatu jaringan menuju tujuannya.

6. apakah manfaat dariadanya fitur ICS ( internet connection sharing ) ?
  
 jawab :
  untuk koneksi Internet secara bersama  dengan firewall yang sudah terpasang di dalamnya. Internet Connection Sharing dan Internet Connection Firewall di Microsoft Windows XP mudah dikonfigurasi dengan memakai Network Setup Wizard. Namun sebelumnya tentu saja Anda harus membuat koneksi ke Internet terlebih dahulu.

7. sebutkan keunggulan menggunakan  pengalamatan TCP/IP !
  
 jawab : 
  • TCP/IP berkembang dengan menggunakan standar protokol terbuka, maksudnya TCP/IP ini tersedia secara luas. Efek dari standar yang baru itu membuat semua orang bisa mendevelop software mereka sendiri sehinga dapat berkomunikasi dengan protokol ini. Hal ini tentu membuat pemakaian TCP/IP meluas dengan sangat cepat, terutama dari sisi pengadopsian oleh berbagai OS dan aplikasi jaringan.
  • TCP/IP tidak bergantung terhadap hardware atau OS tertentu, hal ini membuat TCP/IP available untuk menyatukan bermacam macam jaringan. Contoh : Ethernet, dial-up, dll.
  • TCP/IP menggunakan teknik pengalamatan yang unik dalam skala besar, bisa dibilang Global. Sehingga memungkinkan komputer dapat mengidentidifikasikan secara unik komputer yang lain didalam seluruh jaringan, walau sebesar Worlwide Internet pun bisa diidentifikasi. Setiap komputer yang tersambung dengan jaringan TCP/IP (Internet) akan memiliki address yang hanya dimiliki olehnya.
8. sebutkan beberapa fitur yang harus dimiliki oleh sebuah sistem operasi oleh server ?                                                                                                                                                 
   jawab : 
  • Gateway, Sebuah fitur di router untuk menghubungkan jaringan yang berbeda
  • Proxy, penyimpanan web cache, redirect URL, dan lain-lain
  • Firewall, Pengamanan pada jaringan komputer
  • VPN, Jalur khusus yang dibentuk dalam jaringan publik
  • Routing, fitur untuk meneruskan paket ke jaringan lain.
  • Monitoring, Memonitor semua aktifitas yang melalui jaringan.
  • Bandwidth management, 

  • 9. sebutkan langkah langkah melakukan sharing folder !
      
           jawab : 
    1. Pilih folder yang akan di sharing, yang akan saya contohkan saya akan sharing salah satu folder lagu saya. Pada folder yang akan di sharing klik kanan lalu arahkan kursor pada pilihan Share with lalu pilih Spesific people..(atau jika anda mempunyai / tergabung di homegroup dan ingin sharing folder sesama anggota bisa pilih pilihan yang diatas).
    2. Pada jendela baru yang terbuka anda disuruh untuk mengisi kepada siapa folder itu di sharing dan tingkat wewenangnya terhadapa folder tersebut, klik segitiga kebawah untuk melihat menu dropdown, lalu pilih everyone atau anda juga bisa pilih pilihan yang lain sesuai kepada siapa anda sharing folder(guest, Create new user) lalu klik add, tapi agar memudahkan bisa pilih everyone dan atur permission levelnya sesuai diinginkan (read, read & write) dan klik share.
    3. Jika berhasil akan aka ada pesan "your folder is shared". Sekarang anda suda berhasil melakukan sharing folder.
    10. sebutkan dan jelaskan macam macam server !
      
             jawab : 
    1. Fax Server
      Fax server digunakan untuk melayani servis fax bagi client. Dengan adanya server fax ini. Segala permintaan pengiriman fax maupun menerima fax akan melalui server fax ini. Server fax ini juga dilengkapi dengan modem yang mendukung fungsi fax.
    2. FTP Server
      Server ini mempunyai layanan protokol FTP. Artinya dengan adanya server FTP ini, segala permintaan FTP (FTP merupakan protokol untuk layanan transfer data) akan terlaksana.
    3. Mail Server
      Mail server mempunyai peran untuk melayani client dalam hal mail (surat). Surat dalam hal ini, client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain, yang dimana surat tersebut disimpan dalam server mail itu juga. Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat, server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail servis seperti web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir surat yang dipunya client.
    4. Database Server
      Server database, seperti namanya. Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpanan database. Dalam server database tersebut, bisa berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak user. Biasanya database tersebut dikelompokkan atau disimpan per user yang memakai layanan database tersebut. Agar tidak terjadinya pencurian data.
    5. Proxy Server
      Proxy server, bisa digunakan untuk memperkuat security pada sebuah jaringan. Server ini bisa digunakan untuk memfilter permintaan servis masuk maupun keluar dari sebuah client. Dengan adanya proxy server ini, kita bisa memblock suatu IP agar bisa berkomunikasi misalnya.
    6. Web Server
      Server ini merupakan server yang mungkin tidak aneh lagi didengar. Situs seperti search engine, blog, website dll pasti membutuhkan web server agar file – file web seperti .html .php .asp bisa diproses terlebih dahulu dalam web server sebelum fule tersebut dikirimkan ke client. Web server melayani request servis dengan protokol HTTP, dan ada juga IMAP ataupun FTP.
    7. Telnet Server
      Merupakan server yang digunakan untuk melayani servis Telnet. Dengan adanya server ini, kita bisa melakukan remote komputer yang kita inginkan. Sebelum kita meremote komputer, kita masuk dulu dalam sistem login server telnet ini. Kemudian permintaan telnet diteruskan ke komputer tujuan yang diminta oleh client.
    8. File Server
      File server bisa berarti komputer yang digunakan untuk menampung data – data yang dimiliki oleh sejumlah client. Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut.
    9. Game Server
      Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.
    10. DNS Server
      DNS server mempunyai kegunaan untuk servis DNS. DNS berguna untuk menerjemahkan alamat domain sebuah komputer ke dalam bentuk IP. Oleh sebab itu jika kita tidak menentukan DNS server pada settingan IP Address, maka kita akan kesulitan untuk membuka situs seperti Google, karena alamat google tersebut harus diterjemahkan dulu ke dalam bentuk IP address sebelum komputer kita bisa terkoneksi ke server google tersebut.. Sedangkan alamat IP server dns belum ditentukan oleh kita.
    11. Print Server
      Server ini bisa digunakan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi client. Dengan adanya server ini, segala aktivitas “print” bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware karena meskipun terdapat satu printer, printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer.
    12. Application Server
      Dalam fungsinya, server ini merupakan komputer server yang digunakan untuk menjalankan suatu software applikasi.
    13. Streaming Media Server
      Server ini melayani servis streaming data media seperti musik, video. Servis ini memungkinkan kita dapat mengakses sebuah konten tanpa kita mendownloadnya terlebih dahulu.
    14. Home Server
      Server ini merupakan server yang khusus bagi pengguna rumah yang membutuhkan layanan seperti home entertainment. Komputer ini bisa juga ditambah layanan servis lainnya seperti printing servis, web servis, maupun file servis sebagai back
      up data. Sehingga komputer ini memiliki berbagai fungsi.

    Tidak ada komentar

    EIFFELJATISRONO. Gambar tema oleh Naseko. Diberdayakan oleh Blogger.